Info Kesehatan, kesehatan kulit, perawatan wajah, tips kecantikan, menghilangkan jerawat.

Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe

Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe - Ketombe merupakan musuh yang nyata untuk setiap orang baik pria ataupun wanita, sehingga banyak yang mencari informasi cara merawat rambut berketombe. Ketombe merupakan sisa sel-sel kulit mati yang berasal dari kulit kepala tetapi ketombe tidak menyebabkan rambut rontok. Namun, orang yang memiliki ketombe biasanya sering menggaruk-garuk kulit kepala supaya mengurangi rasa gatal yang disebabkannya. Tetapi, jika terlalu sering menggaruk kulit kepala maka akan merusak akar rambut dan akan menyebabkan rambut menjadi rontok.

Walaupun ketombe bukan merupakan suatu penyakit, tetapi hal itu akan menyebabkan tekanan emosional bagi penderitanya. Sebagian besar orang berketombe akan menghindari menggunakan pakaian berwarna gelap untuk menghilangkan rasa malu yang disebabkan ketombe akan terlihat. Ketombe akan menyebabkan gatal dan peradangan pada kulit kepala. Tak sedikit orang yang percaya bahwa ketombe bisa menyebabkan rambut rontok. Namun, hal ini adalah sebuah kesalahan. Ketombe tak menyebabkan rambut menjadi rontok. Orang yang berketombe akan sering menggaruk kepalanya guna menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala akibat ketombe. Efek dari ketombe yang cukup parah juga akan menutup folikel rambut yang bisa saja menyebabkan pertumbuhan rambut akan menjadi terhambat.

Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe

Penyebab Ketombe


Ketomebe dapat muncul pada kulit kepala diakibatkan beberapa hal, Diantaranya ialah:
  1. Jamur Malassezia globosa yang tumbuh pada kulit kepala sehingga menyebabkan kepala menjadi berketombe.
  2. Tidak memperdulikan perawatan rambut seperti jarang keramas juga dapat menyebabkan ketombe.
  3. Penggunaan produk styling rambut secara berlebihan, seperti gel rambut dapat menyebabkan ketombe.
  4. Cuaca yang dingin dan kering juga bisa menyebabkan munculnya ketombe.
  5. Hal yang paling penting adalah tidak menjaga kepribadian dalam hal kesehatan adalah fator lain munculnya masalah ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe

Cara paling efektif dan mudah untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe dan kondisioner rambut. Kandungan bahan kimia pada produk perawatan rambut ini antara lain selenium sulfida dan zinc pyrithione. Bahkan setelah rambut dibilas menggunakan air, kandungan bahan kimia ini masih tertinggal pada kulit kepala. Hal ini akan mencegah pertumbuhan kembali jamur pada kulit kepala. Shampo dan kondisioner aman untuk digunakan karena mengandung formulasi pembersih ringan dan bahan kimia untuk mengatasi ketombe.

Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe

Sebenarnya untuk mengatasi masalah rambut rontok sangatlah mudah jika kulit kepala anda tidak berketombe. Jadi, sebelum anda ingin mengatasi masalah rambut rontok, pastikan terlebih dahulu kepala anda tidak berurusan dengan ketombe, berikut adalah cara merawat rambut rontok dan berketombe.
  • Bilas rambut Anda secara menyeluruh menggunakan air sampai bersih setelah keramas setiap hari, anda juga bisa mencuci rambut anda dengan shampoo untuk mencegah ketombe.
  • Agar hasil lebih maksimal, tambahkan minyak peppermint pada shampo dan kondisioner yang anda pakai. Peppermin dikenal sebagai penghilang ketombe yang efektif.
  • Sebagai alternatif, Pijat kulit kepala Anda dengan menggunakan minyak kelapa setiap hari. Diamkan selama kurang lebih 2 jam agar minyak kelapa menyerap kepori-pori kulit kepala anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes air jeruk nipis untuk memaksimalkanya.
  • Setelah keramas, gunakan cuka sari apel untuk membilas rambut Anda. Ini tidak hanya akan membantu untuk menghilangkan ketombe, namun juga membuat rambut Anda terlihat berkilau.
Demikian cara merawat rambut rontok dan berketombe, pola hidup yang sehat hal utama untuk semua masalah kesehatan, jika anda ingin terhindar dari masalah-masalah kesehatan perhatikan pola hidup anda. Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan jangan lupa ikuti kami di facebook untuk mendapatkan update terbaru tentang tips kesehatan kulit dan rambut.

Previous
Next Post »
thumbnail
Title: Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe
Posted by: Riswan Success
Published : 2014-10-15T16:29:00+07:00 Rating: 5 Reviewer: 48195 Reviews

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami, harap tidak melakukan copy paste.

Posting Komentar